Nasib Rooney, Hodgson, dan Tim Nasional Inggris di Piala Eropa 2016

Nasib Rooney, Hodgson, dan Tim Nasional Inggris di Piala Eropa 2016

Nasib Rooney, Hodgson, dan Tim Nasional Inggris di Piala Eropa 2016

Nasib Rooney, Hodgson, dan Tim Nasional Inggris di Piala Eropa 2016 – bola piala eropa 2016 akan segera hadir pertengahan tahun depan. Inggris sebagai salah satu tim yang tampil sempurna dalam babak kualifikasi kemarin sedang mengalami masa kesulitan akibat kondisi internal pemainnya. Salah satunya adalah Wayne Rooney yang kerap disorot akibat penampilannya yang kurang begitu memuaskan selama bermain di Liga Utama Inggris bersama MU. Sang pelatih Inggris, Roy Hodgson sangat berharap bahwa penyerangnya bisa mempertahankan dan meningkatkan kemampuan mencetak skor selama di liga.

Dilema Pemecah Rekor

Rooney memang sempat mengejutkan publik sewaktu memecahkan rekor Bobby Charlton dengan 51 golny. Namun setelah itu, ia nampak sangat kesulitan untuk meningkatkan kualitasnya di lapangan. Bahkan dari belasan jadwal yang ia jalani bersama MU di Liga Utama Inggris, hanya ada dua gol yang ia koleksi. Ia sepertinya tak mampu menunjukkan permainan terbaiknya bersama Setan Merah.

Masalah yang dihadapi Rooney semakin rumit ketika klub yang ia bela juga terancam di klasemen. Bahkan Louis Van Gaal sekarang ini sedang menghadapi risiko pemecatan karena tim yang ia kawal saat ini benar-benar mengecewakan. Liga Utama Inggris musim ini sedang diwarnai oleh drama pergantian manajer dalam klub-klub besar. Mulai dari Liverpool hingga Chelsea beberapa waktu lalu. Sementara itu, MU sendiri sudah beberapa kali bermasalah dengan manajer baru selepas pensiunnya Ferguson. Rooney adalah saksi hidup dari carut marutnya persoalan di klubnya sendiri.

Harapan Hodgson

Sang pelatih Inggris menyimpan harapan khusus bagi Rooney. Bagaimana pun, sosok Rooney sangat dibutuhkan dalam tim nasional untuk mengawal dan membimbing para pemain muda di dalamnya. Tapi, segala hal yang terjadi dan dihadapi oleh Rooney tak seharusnya menurunkan produktivitasnya di lapangan. Di mata Roy Hodgson, ia butuh Rooney yang terus mencetak gol selama tampil di atas lapangan hijau. Oleh karena itu, ia sangat berharap bahwa Rooney bisa meningkatkan kemampuannya di MU dan terus mencetak skor bagi klubnya itu.

Harapan Hodgson tentu saja sama dengan apa yang selama ini didambakan oleh segenap mereka yang mendukung tim nasional Inggris. Namun beberapa masalah yang sedang mendera klub-klub besar di sana dikhawatirkan berdampak buruk bagi masa depan tim nasional menjelang berlangsungnya Piala Eropa 2016.

Jadwal di Liga Utama Inggris juga dituding sebagai salah satu faktor yang akan berpengaruh kurang baik bagi tim nasionalnya. Hal itu diakui sendiri oleh Jurgen Klopp yang baru saja bergabung di Liverpool sebagai manajer. Sejauh ini, ia merasa bahwa jadwal selama periode Natal hanya akan berdampak negatif bagi tim nasional Inggris. Musim dingin yang dijalani tanpa jeda dalam sisa jadwal liga kali ini bukanlah hal yang bagus bagi para pemain, khususnya yang sedang mempersiapkan kompetisi di Eropa.

Klopp menegaskan bahwa Liga Utama Inggris terlalu padat jadwalnya. Ada banyak turnamen dan tak menyisakan banyak jeda. Singkatnya, Inggris punya banyak sekali jadwal pertandingan yang harus dijalani oleh setiap pemain. Ia membandingkannya dengan tim-tim nasional lain yang setidaknya punya jeda dalam satu tahun. Memang, atmosfir yang kompetitif akan selalu terjaga dengan ketatnya jadwal yang dihadapi. Bisa jadi faktor itu bisa mengantarkan ke kesuksesan. Namun pastinya akan sangat sulit untuk melaluinya dengan energi yang harus terforsir ke sana sini sementara harus mempersiapkan ke kompetisi internasional.

Masalah yang dihadapi oleh Hodgson tak hanya terkait Rooney. Dirinya saat ini sedang menunggu kepastian perihal masa depannya di tim nasional. Pasalnya, kontraknya berakhir selepas kompetisi Piala Eropa 2016 mendatang. Ia mulai mengawal tim Tiga Singa ini sejak 2012 silam. Menggantikan peran Capello, prestasi yang dicapai adalah babak perempat final Piala Eropa 2012. Namun ia gagal di Piala Dunia 2014 dan bahkan cuma bisa mencapai babak penyisihan grup.

Bagi Hodgson sendiri, ia masih menyatakan minatnya untuk tetap bergabung bersama skuad Inggris. Ia bertekad terus melaju dan mengantarkan Inggris ke ajang Piala Dunia 2018 kelak di Rusia. Selama ini, prestasi Hodgson di tim nasional Inggris cukup baik. Wajar jika ia pun optimis dalam ajang kompetisi bola piala eropa 2016, begitulah Nasib Rooney, Hodgson, dan Tim Nasional Inggris di Piala Eropa 2016.

lee

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *